Jumat, 13 Juni 2014

My First Article : About "Nyeplokin Orang"



Hai! Umm… gue juga bingung mau nulis apa. Ini pertama kalinya gue nulis di blog. Yak, sebenernya semenjak tadi siang gue selesai baca novel SHS karya Yoga C.P. gue langsung semangat banget buat nulis dan sekelebat ide buat nulispun bermunculan di otak gue dengan liarnya. (Thanks to Yoga C.P.) Dan ide buat bikin blogpun muncul.  Tapi setelah gue berada di depan layar kosong Ms. Word, sekelebat ide itupun mendadak hilang ditelan bumi. Belum lagi nyokap gue yang neriakin gue buat sholat maghrib dulu mumpung gue belum batal. Sebenenya pikiran untuk membuat blog dari dulu udah ada dan mood nulis gue tiba - tiba naik beratus - ratus persen sekarang. Ini nih yang selalu jadi persoalan. Mood nulis datang di saat yang gak tepat. #moodemanglabil So, mending gue brb sholat dulu.

Setelah beberapa menit…

Hi, I’m back! Iyak, karena gue lupa udah batal apa belum tadi, akhirnyapun gue nyari aman dengan wudhu lagi. -_- Oya, sebelum melanjutkan nulis ini juga tadi gue brb lagi gara - gara dipanggil nyokap suruh ngambilin tetes mata. Ok, itu gak terlalu penting, forget it.

Tuh kan gue lupa lagi mau nulis apaan. Serius padahal tadi ide - ide itu berkeliaran lagi sebelum gue sholat tadi. Gak, gue gak nyalahin sholatnya. Soalnya pas sholat juga gue jadi rada gak khusyuk gara - gara mikirin ide yang berkeliaran di otak buat dituangin ke sini. Pas selesai sholat dan ngambilin tetes mata buat nyokap, habis itu nulis paragraph yang di atas, tiba - tiba ide - ide itu kembali hilang ditelan bumi. Ah, labil nih ide, kayak anak ABG aja. #idejugalabil

Oke, sip barusan gue dapet sms dari temen yang minta uang patungan buat beliin kado / surprise buat temen satu geng. Iya, geng. Jujur gue juga gak ngerti sama mereka. Padahal gue gak minta didaftarin ke geng mereka. Tiba - tiba aja geng itu terbentuk dan gue termasuk di dalamnya. Eh gak, mereka gak menyebutnya geng, tapi family. Geng, maksud gue family itu terbentuk saat gue kelas VIII akhir. Itu semua berawal dari kisah permusuhan antar teman - teman di kelas gue yang gue gak ngerti sejarahnya gimana. Tiba - tiba kami bertujuh selalu dekat, sering segrup kalo ada tugas kelompok. Dan jeng jeng jeng! Terbentuklah family itu. Namanya? Rempong Fams. Jujur (lagi), gue gak terlalu setuju dengan nama itu. Karena menurut gue, gue orangnya gak rempong dan kata teman - teman gue yang lain juga begitu. Tapi… yasudahlah gue mengikut saja.

Setiap ada anggota family yang berulang tahun, kami berenam selalu patungan untuk membeli kado atau membuat surprise dengan cara membeli kue dan diceplokin. Iya, sodara - sodara, diceplokin! Entahlah, di lingkungan kalian ini masih jaman atau gak. Tapi di lingkungan gue masih menjalankan “tradisi” ini. Jujur (lagi dan lagi), gue rada gak setuju dengan “tradisi” ini. Karena cuma buang - buang bahan makanan seperti: telor, terigu, dan kecap (kalian bisa menambahkannya sendiri sesuai pengalaman dan pengetahuan diceplokin). Kan mending dibikin jadi bakwan atau makanan yang lain, daripada cuma dijatohin ke kepala teman dan badannya. Udah yang nyeplokin buang - buang uang dan bahan makanan, yang diceplokin harus buang - buang shampoo dan sabun yang banyak ke rambut dan badannya biar bersih dan gak bau lagi. Yang harusnya tuh tepung bisa dijadiin bakwan dan shampoo yang harusnya masih bisa dipake sampe seminggu lagi, harus habis dalam waktu sehari. Rugi vroh! Iya kan?

Oya, gue juga pernah mengalami beberapa kerugian seperti:
1.      Temen gue yang salah ngelempar telor. Iya, harusnya tuh telor mendarat di kepala gue, namun karena kecerobohan temen gue, akhirnya telor itu mendarat di mata gue dengan kecepatan tinggi. Seketika mata gue merah dan susah buat melek. Sedikit tragis sih. Tapi karena gue gak mau ngerusak suasana yg lagi fun itu, gue berusaha setrong dan tetap membuka mata gue. Untungnya setelah mandi dan ditetesin ins*to, mata gue mulai membaik, dan lama kelamaan jadi tambah baik dan baik :)
2.      Adonan yang gak mau lepas dari rambut. Setelah acara nyeplokin itu berakhir, gue bergegas ke kamar mandi, dan mandi tentunya. Setelah menghabiskan waktu lamaaa bingits di dalam kamar mandi, guepun segera berpakaian dan nyisir. Nah, di saat nyisir ini gue baru sadar ternyata adonan itu masih setia menempel di rambut gue. Padahal gue hampir mau ngabisin satu botol shampoo. Akhirnya karena keseringan keramas, adonan itupun telah menghilang tanpa jejak di rambut gue :)

Dan jujur (jangan kalian kira gue gak pernah boong karena kebanyakan nulis kata “jujur”), gue lebih seneng dikasih kado doang yang bisa disimpen daripada diceplokin terus dikasih kue. Karena:
1.      Seperti yang gue bilang, nyeplokin bikin rugi.
2.      Gue lagi dalam proses pengurusan badan, kalo kebanyakan makan yang manis - manis, gimana mau berhasil? Soalnya di keluarga gue yang paling demen begituan cuma gue, jadi yang ngabisin pasti kebanyakan gue. :’)

Nah, jadi pesen gue adalah buat yang mau nyeplokin orang di saat ulang tahunnya, mending mikir - mikir dulu. Itu uang lebih berharga buat beli martabak telor atau telor mentah yang ujung - ujungnya buat dipitesin di atas kepala anak orang. (wih pas banget gue nulis ini, kakak gue pulang kerja bawa martabak telor. *Alhamdulillah* *liat jam* 11.00 PM *gak jadi makan* #dasarcewe) Dan buat yang diceplokin, pinter - pinter tau gelagat temen yang mau nyeplokin lo. Pengalaman gue yang pernah diceplokin, biasanya ada temen lo yang nanya / sms “Eh lo hari ini ada acara gak?” atau “Sore ini ada di rumah gak?” (So sorry buat temen - temen yang hobi nyeplokin orang atau lagi ada rencana buat nyeplokin orang, rahasia lo sedikit terbongkar.) Tapi kalo lo udah terlanjur diceplokin, balas dendamlah dengan pura - pura ngajak foto bareng habis itu lu peluk deh temen - temen lo satu - satu. Hahaha #evillaugh

Bukannya gue nge-hate “tradisi” ini, gue cuma agak gak respect aja. Soalnya bener - bener ngerugiin. Dan bahkan orang tua jaman sekarang juga PASTI ada yang gak respect sama “tradisi” itu. (Contohnya ibu gue.) Gue juga pernah jadi orang yang “nyeplokin” maupun “diceplokin” kok. Emang sih fun. Gue bukannya GAK respect SAMA SEKALI, tapi gue AGAK gak respect doang. Gue masih mau tertawa di atas penderitaan temen gue yang bau amis dan kayak orang habis diadonin kok. Muehehehe.

So, itu terserah kalian mau ngehentiin “tradisi” ini atau mau melanjutkan perjuangan pembuat “tradisi” ini. Kalo gue? Gue sih, tergantung lingkungan, hehe. Bukan, bukan karena gak punya pendirian. Cuma, gue masih bimbang atas pilihan yang gue buat sendiri itu. Menghentikan atau melanjutkan? Antara mikir rugi bahan makanan atau bersenang - senang di atas penderitaan teman. Oke, mungkin pilihan yang terakhir agak terdengar kejam, but that’s the fact! :D So, it’s up to you, guys!
 
P.S. Buat yang beratanya - tanya kenapa di awal - awal gue nulis mau sholat maghrib dan di akhir - akhir gue nulis jam 11.00 PM, karena gue menunda menulis gue demi acara TV kesukaan gue yang lagi dalam episode seru, hehe. *tebar peace ke seluruh penjuru*
Dan thank you buat temen gue, sherly yang udah ngirimin sms patungan itu. Awalnya gue gak ada pikiran nulis tentang "nyeplokin", tiba- tiba aja pikiran nyetuck dan datanglah sms lo itu. So thanks, berkat lo, gue jadi ada ide buat nulis blog ini. :D

1 komentar:

  1. Bagi yang sudah membacanya, silahkan komentar. Karena komentar anda sangatlah berarti bagi saya :)

    Eh gila bahasa gue vroh!

    BalasHapus